Langsung ke konten utama

Workshop Pembuatan konten dakwah via Medsos bagi Penyuluh Agama Islam, Kemenag kab.Malang

WORKSHOP Pembuatan KONTEN DAKWAH via MEDSOS bagi Penyuluh Agama Islam, Kemang kab.Malang

Acara ini dilaksanakan pada senin, 12 September 2020 di Aula Kemenag kabupaten Malang.

Jumlah peserta yg hadir pagi ini sebanyak 57 orang, terdiri atas PAGI, FKPAI, dan perwakilan PAH dari  33 Kecamatan di kabupaten Malang.
Bapak IRFAN Hakim, kasi Bimas Kemenag kab Malang, selaku ketua panitia dlam sambutannya mengawali dengan mengabsen PAIF karena selaku motor kepenyuluhan di kabupaten Malang. 

Pak kasi Bimas, melihat WORKSHOP ini penting mengingat maraknya penggunaan medsos dewasa ini. 
Mari kita hiasi, kita penuhi medsos kita dengan konten2 dakwah. Dan kita semestinya berada di lini depan terkait hal dakwah islamiyah ini.  Mari kita bergiat  Jihat bil online atau Jihad Medsos.
Adapun bapak Dr.H.Mustain,M.Ag, kepala kantor Kemenag kab Malang dalam sambutannya mengatakan Penyuluh itu minimal memenuhi 3 kemampuan
1. Luwes, enak dipandang, misalkan seorang wanita itu inner beauty, luwes pantas luar dalam.
2. Mampu dan mudah menyesuaikan diri, dari berbagai bidang. Misalkan ke acara tahlilan ya sarungan, datang ke kantor yg pantes, pakai sepatu, pakai kopyah yg bagus, supaya tidak diremehkan orang. Demikian juga dalam bicara, perhatikan yg orang orang yang dihadapi itu siapa. Termasuk  diacara kampung misalkan acara Barik'an ya pakai bahasa campur2. Demikiamjuga daerah NU, Muhammadiyah.. ya ikuti sesuaikan.
3. Mampu, tafaqquh termasuk tafaqquh filyutubi, filfisbuki au fil intagrami aukama qola tafaqquh bilmedsos. Next session mampu dan faham medsos adalah prasyarat mutlak sebagai seorang PENYULUH AGAMA ISLAM. 
Sampean ini PENYULUH, bukan Ustadz, bukan kyai dalam ranah ini.
So, kemampuan melek kebutuhan dan style atau trend di masyarakat harus faham dan menyesuaikannya.
4. Peka, sensitif..resposif. kalau tidak peka akan terlindas dan ketinggalan jaman. Lawan kata PEKA adalah PEKOK (kata ki Enthus).

Empat  item ini untuk PAH, kalau PAIF ada 8 item. 
PAIF harus benar benar menjadi tauladan yg baik, bagi PAH utamanya bagi masyarakat. 

Secara umum, keberadaan Kemenag cq KUA beda dari sebelumnya, sudah bagus, KUA selalu ramai orang. Karena ada PAH yg standby, dan mengerjakan "tugasnya" di KUA. 

Lewat workshop ini PAH harus tampil smart, dalam dakwah lewat medsos. Jangan asal share, tapi di ubah atau disesuaikan dengan tupoksinya.
Objek PAH ke depan, juga membuat video2 film pendek, narasi, poster yg menyejukkan bukan yg memanas manasi.

M.Munir, 12sep2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diseminasi Moderasi Beragama & Sosialisasi IJOP Piagam TPQ-Madin kec.Dau

Diseminasi Moderasi Beragama & Sosialisasi IJOP Piagam TPQ se-Kecamatan Dau kab Malang. Dalam rangka mensosialisasikan dan memberikan kemudahan bagi pengurus TPQ se Kecamatan Dau, dalam rangka menyambut perbaikan sistem pelayanan oleh Kemenag Kab Malang, menuju era transformasi digital...Penyuluh Agama Islam kecamatan Dau, sejak bulan Mei2021 lalu merencanakan untuk mengadakan sosialisasi ini. Acara yg dilaksanakan pada Selasa 27Juli2021 di SMPI Hasanuddin ini diikuti sekitar 38 TPQ. Bapak Ahmad Imam Muttaqin, kepala KUA Dau, terkait sosialisasi IJOP PIAGAM TPQ, menekankan 2 hal penting berikut ini: ...PERUBAHAN PELAYANAN BERBASIS ON-LINE MENJADI TRANSFORMASI DIGITAL, BANYAK BERPENGARUH PADA SEMUA LAYANAN TERUTAMA IJIN OPERASIONAL TPQ, MADIN DAN PONDOK PESANTREN (PIAGAM MASJID & MUSHOLLA) ...KUA DAN PENYULUH AGAMA ISLAM ADALAH TIM SURVEY TINGKAT KECAMATAN YANG AKAN MEMBANTU DALAM PENGURUSAN IJOP MAUPUN VERIFIKASI/VALIDASI SERTA REKOMENDASI KE KEMENAG KABUPATEN MALAN

BTM, rumusan Membuat Materi Bagi Penyuluh

BTM = BENAR, TEPAT, MENARIK. sebagaimana disampaikan boleh Prof. Mohammad Ali Aziz. Guru Besar UIN  Gunakan bahasa Agama, bukan bahasa Tradisional, atau pandangan lainnya. Karena disini peran kita sebagai 'Penyuluh agama'. Perkataan Penyuluh, haruslah  Qoulanlayyinan Qoulamm'arufa Qoulan Kariima. Qoulan Sadiida. Mungkin kita sering dengar, dan mungkin tau artinya. Namun belum tentu paham perbedaannya. Bilang POKJA, untuk dapatkan diskon buku dari tim saya. ...

Akibat buruk MEDSOS, Dr. AWE

Penyebab utama perceraian yg berhubungan dengan medsos 1. Menurunnya atau terganggunnya quality time 2. Media perselingkuhan 3. Membanding-bandingan pasangan dengan orang lain. APA YANG HARUS KITA LAKUKAN? Ajak umat untuk bijak dlam bermedsos dan berperan aktif.  PAI membuat group2 WA pengajian  PAI  harus mewajibkan diri membaca referensi atau literatur utama, quran.. kamus.bahas arab indonesia...terus biasakan diri membuat tulisan2 pendek, biasakan videokan ngaji kita barang 2 atau 3 menit, foto selfi... edit dan share. Jangan pernah bosan mmengajak umat. Maka kampanye macam harus dilakukan terus menerus. Maka media2 poster, narasi pendek, video pendek ini menjadi solusi yg efektif untuk dakwah di era online ini.  ada 5 hal penting kita fahami.  A) ada yg benar ada yg salah B) informasi banyak yg baik tetapi belum tentu benar C) informasi yg benar belum tentu manfaat D) berita manfaat belum tentu cocok untuk disebarkan ke ranah publik, karna aib. E) Tidak semua ..sebagai